3 Trik Sederhana Melihat Bakat Anak Sejak Dini

melihat bakat anak sejak dini

Memiliki buah hati adalah idaman seorang ibu, karena dengan hadirnya buah hari menambah kecerian di rumah maupun berada di luar. Anak adalah permata hati bagi seorang ibu, beliau tidak pernah lelah untuk menjaga dan merawatnya.

Tapi mengenal bakat anak adalah agenda penting yang harus dikerjakan oleh ibu sebagai orangtua. Dengan mengenal bakat si anak, orangtua bisa membantu anak mengembangkan karir di masa depannya. Jadi bagaimana orangtua dapat mengenal bakat anak mereka?

Setiap anak memiliki keunikan, bakat, dan minat (passion) sendiri. Misalnya saja, si anak senang akan menari, menggambar, menyanyi, senang bermain musik, senang olahraga, dan lain-lain. Karena anak mempunyai kesenangan tersendiri, tentunya sebagai orangtua harus memberikan dukungan atau support kepada anak mereka agar anak tersebut tampil dengan rasa percaya diri. 

Walaupun memang orangtua harus memiliki komitmen kuat untuk menggali minat si buah hatinya, minat anak terhadap sesuatu kadang berubah. Nah, begini tips menemukan bakat si anak:

1. Buat Target Secara Bersama-Sama

Anak usia diatas 6 tahun, sudah bisa mempunyai target bersama orangtuanya. Sebagai ibu tentu mendukung si buah hatinya, jadi lbu katakan kepada si anak kalau mau lebih bagus lagi, harus rajin latihan. Dan ibu bisa membuat jadwal latihan yang fleksibel kepada si anak tetapi jangan terlalu ketat, karena akan merasa tertekan tentu anak juga butuh istirahat dan bermain.

2. Sediakan Materi dan Alat Bermain

Bila anak sudah memiliki suatu hobi, berikan kepada mereka apa yang mereka butuhkan, seperti belikan alat musik, datangkan mentor atau bisa memasukkan ke kelas musik, atau bisa juga bergabung dengan komunitas anak-anak yang sama-sama penyuka musik.

3. Berikan Ruang Khusus

Sediakan ruang khusus untuk anak-anak agar mereka bisa mengeksploirasi minatnya. Jika tidak memiliki ruang berlebih, bisa menggunakan garasi atau halaman belakang rumah, yang penting anak bisa bebas melakukan minatnya.

Orangtua tidak perlu resah akan kotornya dinding rumah mereka karena akibat anak terlalu aktif mengeksplorasi minatnya. Para orangtua bisa gunakan cat Nippon spot-less plus yang antibakteri, dan tentu mudah untuk dibersihkan bila terkena noda.

4. Ajak Anak Bermain di Luar

Anda bisa ajak anak ke kebun binatang, supaya mereka juga bisa belajar mengenal hewan-hewan yang ada di kebun binatang. Perhatikan respon si anak pada tempat tersebut. Mungkin merekan akan senang dan berminat. Jika anak Anda tipe pendiam, tanyakan ke anak apakah mereka suka ke sana.

Dari situlah orangtua bisa mengenal bakat anak tersebut, apakah mereka senang akan logika, matematika, bahasa musik, spasial, atau olahraga.

Semoga bermanfaat




Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "3 Trik Sederhana Melihat Bakat Anak Sejak Dini"